Jumat, 15 April 2011

Listrik Pemadam Kebakaran

Aplikasi medan listrik tidak hanya untuk menghasilkan listrik atau mempercepat partikel elektron. Saat ini sudah dikembangkan sebuah batang beraliran listrik yang dapat mendorong arah api (seperti meniup) hingga memadamkan api. Ternyata rahasia dibalik tongkat tersebut adalah adanya medan listrik. Berikut adalah gambaran dari sebuah medan listrik yang dapat 'meniup' api.

Bagaimana cara kerjanya?
Penelitian dari Universitas Harvard, Amerika Serikat menyatakan bahwa ion-ion, elektron, dan jelaga dari api dapat terpengaruh oleh adanya medan listrik. Ketertarikan dari penelitian ini diawali oleh ditemukannya abu vulkanik di daerah kutub yang bermil-mil jauhnya dari pegunungan vulkanik. Sebenarnya bisa jadi karena angin, namun hasil penelitian mengatakan bahwa abu tersebut ditarik oleh medan magnet di kutub.
Prinsip dari tongkat ini adalah medan listrik dapat mengalihkan api dari sumbernya, sehingga api dapat padam. Sejauh ini penelitian dari seorang ahli kimia, Ludovico Cademartiri masih berkutat dengan skalabilitas potensi listrik. Yang mempengaruhi medan listrik untuk bisa berpengaruh pada nyala api bukan hanya potensial listrik, tetapi arus, tegangan, dan frekuensi listrik. Namun, medan yang dibutuhkan sangatlah besar. Dibutuhkan jutaan volt per meter untuk bisa memadamkan api. Penelitian sejauh ini, masih merancang komposisi atau struktur dari medan magnet agar bisa proporsional untuk bisa diaplikasikan.

Sumber: http://news.nationalgeographic.com/news/2011/03/110329-electric-wands-fire-firefighters-extinguish-science-harvard-chemical/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar